Rukun Ulama-Umaro, Kapolda Banten akan Silaturahmi dengan 3000 Ulama Desa
BeritaPresisi

Rukun Ulama-Umaro, Kapolda Banten akan Silaturahmi dengan 3000 Ulama Desa

Redaksi Utama
20/02/2021, 10:19 WIB
Last Updated 2021-03-13T13:14:34Z

SERANG - "Rukun Ulama - Umarok" (RUU) benar-benar kian membumi di Provinsi Banten. Polda Banten dan jajaran akan kumpul dalam "silaturahmi besar" dengan 3.000-an ulama desa, penyuluh agama dan guru agama.

Suatu silaturahmi besar dalam waktu dekat akan digelar, dipimpin langsung Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A. bersama Kakanwil Kemenag, Dr. H.A. Bazari Syam.

Informasi itu terkuak dari  Silaturahmi II  "Rukun Ulama - Umarok" Irjen Rudy beserta jajaran dengan Kakanwil Kementerian Agama Banten, Dr. H.A. Bazari Syam dan jajaran, Pada Rabu (18/2/21) di Kantor Kemenag Kawasan KP3B Serang, Banten.

Sebagai gambaran,  Provinsi Banten dengan luas 9.662,92 km persegi, terbagi menjadi empat kabupaten dan empat kota.  

Jumlah penduduknya sekitar 10,4 juta jiwa tersebar di 1.238 desa dan 313 kelurahan dalam 155 wilayah kecamatan.

Dari jumlah tersebut, dua kota (Cilegon dan Serang) dan empat kabupaten (Tangerang, Serang, Pandeglang, dan Lebak) dengan penduduk mendekati delapan juta jiwa, masuk dalam wilayah tugas  hukum (wilkum) Polda Banten.

Di situ tersebar tak kurang dari 1.700 penyuluh agama Islam, 870 ulama desa/kampung, selain 35.882 guru agama MI, MTs, dan Madrasah Aliah (MA).

Jumlah tersebut juga belum termasuk lebih dari 9.000-an pendekar/ jawara yang secara historis merupakan para pengawal ulama. 

Sebagai perbandingan, jumlah anggota Polri yang tersebar mulai dari Mapolda Banten, enam Mapolres, serta Polsek-polsek dan Bhabinkamtibmas sekitar 7.600 orang. Jadi rasionya 1 polisi : 1.100 lebih penduduk.

Pengamat kepolisian dan budaya, Suryadi, M.Si menilai, realitas itu harus benar-benar potensi masyarakat yang bila dikelola dengan baik, akan sangat menjamin ketenteraman dan rasa aman masyarakat itu sendiri. Ujar Suryadi Pada Sabtu, (20/2/2021).

Jadi, lanjutnya, wajar saja kalau  Irjen Rudy yang dilantik menjadi Kapolda Banten, 5 Januari 2021, begitu antusias dan sangat jeli melihat potensi itu. 

"Apalagi, itu kan bagian dari '12 Commander Wish' yang digulirnya saat memulai tugas," kata penulis sejumlah buku tentang Polri itu.

Irjen Pol Rudy sendiri merasakan, hal tersebut betul-betul di luar dugaannya.

 "Sungguh-sungguh kami syukuri. Itu betul-betul jalan yang dibukakan Allah Swt untuk bisa silaturahmi dengan begitu banyak kalangan agama. Mereka sehari-hari memang merupakan bagian dari masyarakat desa," kata Kapolda Irjen Pol Rudy Heriyanto. Sabtu, (20/2/2021).

Dalam silaturahmi yang dilaksanakan secara maraton kemarin, dimulai dari ke Ketua MUI Banten, lanjut ke Kakanwil Kemenag Banten. Rudy  didampingi pejabat utamanya antara lain Dirintelkam, Dirbinmas, dan Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol. Edy Sumardi, S.I.K., M.H.

TrendingMore